Estimasi Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Gunung Lawu terletak di tiga kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Ngawi, dan kabupaten Magetan. Gunung Lawu merupakan tempat pendakian yang cukup populer bagi kalangan pendaki dan tertinggi nomer enam di pulau Jawa (3265 mdpl) apalagi lokasi gunung tersebut terletak di perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.


Tentang Gunung Lawu

Gunung Lawu juga gunung api yang lagi beristirahat sampai sekarang dan terakhir meletus sekitar tanggal 28 November 1885 yang lalu. Sedikit info tentang Gunung tersebut adalah memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Diptekokarp atas, hutan Montane, dan hutan Ericacoeus.

Catatan :

  1. Hutan Dipterokarp adalah sekelompok tumbuhan pantropis yang banyak dimanfaatkan dalam bidang perkayuan.
  2. Hutan Montane adalah hutan tropika basah dengan ciri-cirinya kerap diselimuti awan pada ketinggian tertentu
  3. Hutan Ericacoeus adalah hutan yang berada pada ketinggian melebihi 1500 mdpl dan mengandung spesies pokok, berbagai-bagai jenis belukar dsb.

Setelah berada di ketinggian tertentu pada Gunung Lawu kalian akan menjumpai pesarehan. Banyak cerita yang terselip mengenai gunung Lawu, mulai dari misteri, sejarah, dan keindahannya. Gunung lawu memiliki tiga puncak yakni puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling dan Puncak Hargo Dumilah.

Nah, begitulah Informasi tentang Gunung Lawu. Sekarang lanjut pada pembahasan ke Basecamp Gunung Lawu via Cetho.

Basecamp Gunung Lawu via Candi Cetho

Candi Cetho berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jalur ini terkenal sulit dengan jalur yang lebih panjang dari jalur lainnya, yakni 15 km dari Basecamp ke Puncak. Basecampnya terletak dekat dengan Candi Cetho jadi jika kalian pergi kesana patokannya adalah Candi Cetho. Jika kalian datang dari :

Surakarta/Solo

Dari Surakarta/Solo menggunakan bus jurusan Terminal Tawangmangu lalu turun di Terminal Karang Pandan. Dari Terminal Karang Pandan dilanjutkan naik angkot ke Terminal Kemuning. Dari Terminal Kemuning/pasar naik ojek menuju Candi Cetho

Tawangmangu

Dari tawangmangu menggunakan bus jurusan Solo lalu turun di Terminal Karangpandang, dilanjutkan naik angkot ke Terminal Kemuning. Dari terminal Kemuning/pasar naik ojek menuju Candi Cetho. Jalur ini biasanya dari arah Jawa Timur, untuk pendaki yang berasal dari sana bisa Saya sarankan menggunakan jalur ini.

Alternatif Lainnya

Kalian bisa menggunakan Jasa Travel atau Transportasi Pribadi. Ingat! Jalan menuju Candi Cetho sangat menanjak.

Catatan :
Alangkah baiknya sebelum kalian melakukan perjalanan harus mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari Info transportasi yang ada, perkiraan estimasi biaya, dsb. Karena persiapan sebelum berangkat itu bagai membawa payung sebelum hujan.

Estimasi Waktu Pendakian

Basecamp Candi Cetho - Pos 1 60 Menit
Pos 1 - Pos 2 60 menit
Pos 2 - Pos 3 120 menit
Pos 3 - Pos 4 120 menit
Pos 4 - Pos 5 90 menit
Pos 5 - Puncak Hargo Dalem 90 menit
Puncak Hargo Dalem - Hargo Dumilah 30 menit

Rincian Estimasi Waktu Pendakian

  • Dari Basecamp ke Posko Simaksi/Pembayaran/Loket memerlukan waktu 15 menit melewati sebelah kanan Candi Cetho dengan jalan yang agak menanjak (anak tangga). 
  • Setelah Simaksi/Pembayaran nanti kalian akan melewati Gapura yang bertuliskan "Selamat Mendaki". Menuju ke Pos 1 memerlukan waktu 1 jam di tengah-tengah jalan atau setelah 30 menit dari Gapura "Selamat Mendaki" nanti kalian melewati Candi Kethek atau Candi Kera (dinamakan Candi Kethek karena dulunya ribuan kera ada di sana). Jalanan didominasi tanah datar dan banyak sekali tempat untuk istirahat (menghilangkan penat).
  • Dari Pos 1 ke Pos 2 memerlukan waktu 1 jam dan sudah mencapai di ketinggi 2.250 Mdpl, jalanan sudah memulai menanjak. Disini terdapat shelter dengan tanah lapang yang luas (Di bawah pohon yang besar di balut kain kuning).
  • Dari pos 2 ke Pos 3, perjalanan ini sudah memasukki hutan, kalian akan di suguhkan jalanan yang jauh dengan medan menanjak terus-menerus.
  • Dari Pos 3 ke Pos 4 sudah mulai menantang dan ekstrem, medan lebih berat dari sebelumnya. Jalanan menanjak terus-menerus, disinilah langkah kaki harus tepat saat memijak. Waktu yang diperlukan ke Pos 4 kurang lebih 2 jam.
  • Dari Pos 4 ke Pos 5 membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit, medan perjalanan sudah mulai mereda, jalanan datar dengan pemandangan sekitar yang indah.
  • Pos 5 ke Puncak Hargo Dalem merupakan jalur jati-dirinya keindahan Gunung Lawu via Cetho, kalian akan di suguhkan dengan sabana dan bukit-bukit. 
  • Hargo Dalem – Hargo Dumilah membutuhkan waktu 30 menit sebelum puncak, jalanan melewati warung Mbok Yem (Warung tertinggi se-Indonesia). Disana juga tempat bertemunya jalur Cemoro Kandang/Sewu.

Catatan :
Semua Estimasi Waktu Pendakian yang di atas tergantung kepada kekuatan fisik kalian. Jika musim hujan medan akan lebih sulit terkadang rawan angin, hujan, dan petir. Jaga kesolidan dan kekompakan sesama Tim, intinya jangan menyepelekan Gunung Lawu karena sudah banyak kejadian yang tidak-tidak.

Video Sinematografi yang Saya buat saat Pendakian Gunung Lawu via Cetho

Belum ada Komentar untuk "Estimasi Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho"

Posting Komentar

Halo! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca di Blog Saya. Silahkan berkomentar tentang tulisan ini, saran dan kritik akan sangat berguna bagi Saya untuk kedepannya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel