Estimasi Pendakian ke Gunung Semeru

Pertama kali Aku mendaki itu di akhir tahun 2015 dan tempat yang Aku datangin pertama kali adalah Ranu Kumbolo huhuhu baca namanya saja udah ngebayangin dong gimana bagusnya Ranu Kumbolo. Waktu itu Aku kelas 1 SMK, sebenernya Aku suka mendaki gunung sudah dari kelas 1 SMP, tapi ya sebatas suka saja gitu ngebayangin naik gunung, masih belum kefikiran buat mendaki beneran hehe. Terus waktu kelas 1 SMK, ada sodara Aku namanya Bagas yang udah mendaki ke Ranu Kumbolo, Semeru. Akhirnya Aku minta dong supaya diajak kesana karena Aku ingin sekali kesana. 

Lalu, dipersiapinlah semua perlengkapannya sama si Bagas dan 2 temannya namanya Rosi sama Alfin (dipanggil Pak Hat) wkwkwk. Yaa berhubung Aku masih baru pertama kalinya mendaki, masih belum tau peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa, Aku asal bawa jaket, baju, dan sepatu (bukan outdoor wear) wkwk. Karna fikirnya sama saja, pokoknya buta banget dah tentang perlengkapan outdoor (ya Allah betapa bidih nyi aku). 

Jadilah kita berangkat, waktu itu yang berangkat ada 9 orang yaitu Aku, Eci, Melisa, Bagas, Rosi, Mas Fatoni, Pak Hat, Rahmat, dan Yuda. Sebelum hari H, kita semua sudah disuruh menyiapkan persyaratan untuk mendaki Semeru, antara lain; Surat Kesehatan, fotokopi ktp/ktm/kartu pelajar, biaya administrasi, dan YANG PALING SAKRAL adalah "SURAT IZIN ORANG TUA YANG DITANDA TANGAN DIATAS MATERAI" nah itu dia, kalo yang belum punya KTP, WAJIB hukumnya pakai surat izin. Dan apa yang terjadi gais..."aku memalsukan surat izin orang tua alias nggak ijin" (Ya Allah ampuni hambamu ini) skip gais wkwkwk.

Rencana awal kita naik motor, berhubung ayahnya Eci buka persewaan trail (eits, bukan naik trail ya hahaha) dan disana banyak mobil jadilah kita naik mobilnya Eci, mobil sejenis pick-up gitu dah pokonya jadi kita semua duduk dibelakang, kita nyanyi-nyanyi sambil cerita-cerita gitukan. Kita sampe di loket Ranu Pani sekitar jam 14.00an akhirnya kita langsung persiapin semuanya gitu lanjut Briefing selesai jam 16.00 an kita langsung berdoa dan mulai track. Track yang berat (menurut aku) adalah dari pos 2 ke pos 3, karena nanjak banget, jadi itu sangat susah buat aku yang pertama kalinya mendaki wkwk. Estimasi aku tulis dibawah yaa guys, tapi cuman sampai Ranu Kumbolo aja soalnya aku nggak lanjut ke Mahameru, karena masih pendakian pertama wkwk. Waktu itu seharusnya pendakian normal dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo cuma 4 jam, berhubung waktu itu hujan deres dan licin apalagi dari pos 2 ke pos 3, karena badan Aku juga yang udah capek, seharusnya jam 20.00 udah sampe Ranu Kumbolo tapi jadi molor sekitar 1 jam an.

ESTIMASI WAKTU PENDAKIAN KE RANU KUMBOLO

Ranu Pani - Pos 1 = 45 menit
Pos 1 - Pos 2 = 1 jam
Pos 2 - Pos 3 = 1 jam 20 menit
Pos 3 - Pos 4 = 45 menit
Pos 4 - Ranu Kumbolo = 1 jam 

ESTIMASI BIAYA PENDAKIAN KE RANU KUMBOLO DARI MALANG

Administrasi Pendakian :

Rp 17.500/hari (weekdays, tahun 2015)*3 hari = Rp. 52.500,-
Rp. 20.000/hari (weekdays, tahun 2019)*3 hari = Rp. 60.000,-
Rp. 24.000/hari (weekend, tahun 2019)

Administrasi Surat Kesehatan

Tarif ini tergantung tempat kalian periksa ya, saya periksa di Rumah Sakit mengeluarkan biaya Rp. 15.000,- mungkin kalau di Puskesmas hanya 5-10 ribu saja.

Makanan/Logistik dan Obat-Obatan

Untuk makanan, saya membawa sosis, sayur sop, mie, coklat, dan makanan ringan, serta minuman manis dan air mineral kurang lebih Rp. 250.000,-. Untuk obat-obatan, saya hanya membawa minyak kayu putih dan hansaplast saja (maklum, masih buta pendakian).

Nb : Sebenernya dari Pos 4 ke Ranu Kumbolo ga sampe 1 jam guys tapi berhubung waktu itu hujan deres, dan gelap jd kaya masih nyari2 treknya gitu. 

Makasih ya, udah berkunjung ke tulisan Aku. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Estimasi Pendakian ke Gunung Semeru"

Posting Komentar

Halo! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca di Blog Saya. Silahkan berkomentar tentang tulisan ini, saran dan kritik akan sangat berguna bagi Saya untuk kedepannya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel