Persiapan untuk Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan aktivitas olahraga out door yang tentunya membutuhkan persiapan matang karena kita melakukan pendakian berhari-hari.
Dalam pendakian, kita diharuskan membawa beban berat/tas gunung beserta isinya dengan kisaran berat 13kg. Beberapa efek yang dirasakan ketika mendaki gunung adalah nyeri punggung, paha dan kaki bergetar, serta pernafasan yang sulit.

Tentu tidak mudah bagi kita melakukan pendakian jika kita berangkat tanpa persiapan. Pendakian yang tidak disertai dengan persiapan, akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Yuk, simak persiapan mendaki di bawah!

1. Fisik

Dalam melakukan pendakian, yang paling penting disini adalah fisik. Jika fisik tidak siap, tentunya kamu akan merasa kesulitan ketika melakukan pendakian.  Lakukan latian fisik, usahakan 2-3 kali dalam seminggu ya.

Latian fisik yang bisa kamu pilih antara lain untuk menguatkan otot kaki, peregangan, untuk kekuatan bahu, dan keseimbangan tubuh. Agar kamu kuat berjalan dengan jarak yang jauh ketika mendaki, kamu bisa latihan berjalan kaki pada bidang miring sekitar 30-40 menit. 

2. Cari Info

Mulai dari info tentang administrasi, akses pendakian, syarat pendakian, cuaca, perizinan, daftar booking dan lain-lain.

Kamu bisa mencari info melalui internet, sosial media, teman yang sudah pernah kesana, dan menghubungi pengelola basecamp.
Informasi itu sangat penting karena dapat memberi kamu gambaran seperti apa gunung yang akan kamu kunjungi.

3. Siapkan Identitas

Siapkan semua identitas diri kamu, karena syarat pendakian adalah menunjukkan identitas diri dan nomer telfon.

Biasanya, beberapa gunung meminta syarat surat kesehatan fungsinya adalah untuk menunjukkan bahwa kalian sehat dan mampu melakukan pendakian. Surat kesehatan ini bisa kamu dapatkan di Puskesmas/Rumah Sakit. Biayanya berkisar Rp. 5.000 - Rp. 15.000

4. Selalu membawa Alat Tulis

Usahakan jika kamu melakukan sebuah pendakian, kamu membawa alat tulis. Alat tulis sangat penting untuk mencatat hal-hal penting selama perjalanan. 

Jangan lupa tinggalkan pesan untuk keluarga tentang gunung ysng kamu daki

5. Buat Estimasi Perjalanan

Buat perkiraan estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan selama pendakian. Kemudian, buat daftar untuk sesuatu yang diperlukan/darurat.

Selamat mendaki!

Belum ada Komentar untuk "Persiapan untuk Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Halo! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca di Blog Saya. Silahkan berkomentar tentang tulisan ini, saran dan kritik akan sangat berguna bagi Saya untuk kedepannya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel